Kunjungan Lapangan Peserta Secondment

Kantor Wilayah DJBC Jakarta telah ditunjuk sebagai Host Pelaksanaan Program Secondment 2020. Pada kegiatan Secondment kali ini, para peserta yang berasal dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melaksanakan Kunjungan Lapangan ke 2 (dua) satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Jakarta selama dua hari mulai hari Senin (10/8) hingga Selasa (11/8).

Pada hari pertama, para peserta Secondment diajak berkunjung ke KPPBC TMP A Jakarta untuk membahas mengenai proses bisnis Kepabeanan dan Cukai pada Pelabuhan Udara. Para peserta Secondment pun diberikan pemahaman mengenai alur masuk dan keluar barang dari luar negeri, seperti proses barang kiriman, barang penumpang, serta sistem dan aplikasinya. Selain itu, para peserta Secondment juga melihat langsung proses pemeriksaan barang impor di Tempat Penimbunan Sementara (TPS). Kepala KPPBC TMP A Jakarta, Untung Purwoko menyambut langsung para peserta Secondment . “Selain Pelabuhan udara, KPPBC TMP A Jakarta juga memiliki pelayanan lain seperti Kawasan Berikat, Pusat Logistik Berikat, Toko Bebas Bea, serta mengawasi tempat penjualan eceran atau TPE barang kena cukai”, paparnya.

Di hari berikutnya, para peserta berkunjung ke KPPBC TMP A Marunda untuk melihat proses bisnis kepabeanan dan cukai pada Kawasan Berikat (KB) dan Pusat Logistik Berikat (PLB). Pada hari tersebut para peserta diberikan pemaparan materi sesi diskusi hingga kemudian dibawa ke Kawasan Berikat PT Sioen Indonesia, serta PLB PT Transcon Indonesia untuk melihat bagaimana alur proses bisnis kepabeanan dan cukai yang terjadi pada Tempat Penimbunan Berikat tersebut. Kepala Kantor KPPBC TMP A Marunda, Sehat Yulianto juga menyambut kedatangan para peserta Secondment yang hadir dan berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang pertukaran informasi serta sinergi antara DJBC dan DJP.

Melalui kegiatan Secondment ini, diharapkan pertukaran data antar instansi menjadi semakin baik, meningkatkan kompetensi serta transfer knowledge, juga sebagai upaya memaksimalkan sinergi antara DJBC dan DJP dalam pelaksanaan optimalisasi penerimaan negara.

#beacukairi #beacukaimakinbaik
#bckanwiljakarta #Kjakberintegritas
#jointprogram #pajak